Detil Berita
Selasa, 05 Januari 2010 - 10:38:46 WITA
Buta Huruf Masih 100.500 Orang
Diposting Oleh :: Muhammad Wildan
Kategori: Pendidikan Masyarakat - Dibaca: 4311 kali

Translated to: English Version

RADJIMAN,(GM) - Sisa jumlah masyarakat buta huruf di Jawa Barat hasil pendataan Dinas Pendidikan Jabar selama tahun 2009 mencapai 100.500 orang. Sedangkan hasil pendataan tahun 2008, jumlah masyarakat buta huruf di Jabar mencapai 326.993 orang.

"Memang dari hasil pendataan tahun kemarin, jumlah masyarakat buta huruf di Jabar sebanyal 100.500 orang, yang tersebar hampir di seluruh kabupaten kota di Jabar," ungkap Kepala Bidang Pendidikan Formal Nonformal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Jabar, Drs. Edy Mulyadi yang ditemui di kantorny, Senin (4/1).

Disebutkan Edy, jumlah sisa masyaraka buta huruf di Jabar tersebut akan dituntaskan tahun ini juga dengan dana yang bersumber dari APBN. Sedangkan dana yang bersumber dari daerah (APBD), bergantung kesiapan kabupaten kota.

"APBD Jabar telah digunakan untuk menuntaskan masyarakat buta huruf sebanyak 326.993 orang. Yang sisanya, bergantung dari tekad kabupaten kota untuk menuntaskan buta huruf di daerahnya masing-masing," paparnya.

Disebutkan Edy, untuk menuntaskan buta huruf di daerah ini, perlu ada komitmen yang kuat dari pemerintah kabupaten kota. Sedangkan untuk membebaskan buta huruf di Jabar, Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan Jabar sudah melakukan berbagai program yang difokuskan pada 326.993 orang.

"Salah satu program Pemprov Jabar untuk membebaskan buta huruf, yakni dengan program keaksaraan usaha mandiri (KUM) dengan tambahan pemberian life skill (keahlian) dan permodalan," ujarnya.

Pemerintah pusat pun, kata Edy, masih memberikan bantuan untuk program buta huruf di Jabar. Namun pemberian bantuan program buta huruf diberikan langsung ke kantung-kantung buta huruf di Jabar.

"Di Jabar ada beberapa daerah yang manjadi kantung-kantung buta huruf, seperti Kabupaten Bogor, Ciamis, dan Cianjur," katanya.

Menurutnya, ada beberapa daerah di Jabar yang sudah mendeklarasikan bebas buta huruf, seperti Kabupaten Karawang, Indramayu, Kota Bandung, dan sebagainya. Namun berdasarkan hasil pendataan terbaru yang dilakukan Disdik Jabar dan BPS yang menggunakan metode berbeda, di sejumlah daerah masih terdapat masyarakat yang buta huruf, sekalipun sudah mendeklarasikan diri bebas buta huruf.

"Makanya kita berupaya terus agar Jawa Barat benar-benar bebas buta huruf," kata Edy.

Sumber: http://www.klik-galamedia.com - 5 Januari 2010
Sumber:





 
Artikel PAUDNI
Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Anak Usia Dini