Detil Berita
Selasa, 15 Mei 2012 - 14:33:09 WITA
Sosialisasi Permendikbud Nomor 27 Tahun 2012
Diposting Oleh :: Amirullah
Kategori: Umum - Dibaca: 5924 kali

Translated to: English Version

Pada hari Sabtu, 12 Maret 2012, bertempat di Gedung Anging Mammiri BPPNFI Regional V atau sekarang berganti dengan BP-PAUDNI Regional III dilaksanakan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2012 tentang Bantuan Kepada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Lembaga Kemasyarakatan Di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Nonformal dan Pendidikan Informal.
 
Permendikbud Nomor 27 berisi tentang aturan bantuan kepada kepada lembaga pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan informal. Kepmen ini lahir untuk mengatur tata kelola pemberian bantuan. Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu, relevansi dan tata kelola layanan pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan lembaga kemasyarakatan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal dan pendidikan informal.
 
Jenis bantuan yang diberikan terdiri atas bantuan modal, bantuan barang dan bantuan sosial. Bantuan dapat diberikan kepada satuan pendidikan anak usia dini, lembaga kursus dan lembaga pelatihan, pusat kegiatan belajar masyarakat, kelompok-kelompok belajar pembinaan dan pendidikan masyarakat, satuan pendidikan nonformal sejenis, lembaga masyarakat bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal dan unit pelaksana teknis pemerintah daerah yang menyelenggarakan pendidikan nonformal dan informal yang dipersamakan dengan satuan pendidikan. Mekanisme pemberian bantuan dimana penyelenggara, satuan pendidikan atau lembaga kemasyarakatan di bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal menyampaikan proposal permohonan bantuan yang ditujukan kepada Menteri u.p. Direktur Jenderal dalam hal ini Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Nonformal dan Informal.
 
Kegiatan ini diikuti oleh Pamong Belajar baik dari BP-PAUDNI Regional III Wilayah Sulawesi, SKB dan dari lembaga kemasyarakatan di bidang pendidikan anak usia dini serta lembaga pendidikan nonformal sejenis. Sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi ini adalah Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Dr. Andi Pangerang Moenta, S.H., M.H., DFM didampingi oleh Bapak Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Regional III, Bapak Dr. H. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd.
Sumber: Amirullah





 
Artikel PAUDNI
Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Anak Usia Dini