Detil Berita
Senin, 28 Maret 2011 - 20:02:57 WITA
Pemerintah Siapkan Dana Rp 406 Miliar Untuk Dikmas
Diposting Oleh :: Muhammad Wildan
Kategori: Pendidikan Masyarakat - Dibaca: 9015 kali

Translated to: English Version

Makassar - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan menyiapkan dana sebesar Rp 406 miliar untuk pengembangan pendidikan masyarakat (Dikmas) di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Direktur Dikmas Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia DIni Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, Ella Yulaelawati, usai menghadiri pembukaan Festival dan Bina Kreativitas Anak Pulau, di Pulau Sabutung, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Minggu (27/3).

Dana tersebut menurut Ella, diperuntukkan bagi 555 ribu penduduk untuk program keaksaraan, 7.000 orang untuk program aksi affirmasi untuk perempuan atau kecakapan hidup, dan 500 lebih koran anak dan koran ibu.
 
Dijelaskan Ella, melalui program koran anak dan koran ibu, akan dikembangkan taman bacaan untuk memperkuat keaksaraan, menangani lansia, dan  anak-anak marjinal korban kekerasan dalam rumah tangga. Termasuk anak marjinal yang tercerabut dari sekolahan.
 
Ella juga mnenjelaskan bahwa tahun 2011 ini, pemerintah akan menangani program urban gender di 33 provinsi.
 
"Manusia Indonesia tidak boleh berhenti belajar. Pemberdayaan masyarakat harus dilakukan melalui peningkatan pengetahuan," kata Ella.

Pendidikan masyarakat menurut Ella perlu mendapat perhatian lebih karena Indonesia merupakan satu dari sembilan negara dengan tingkat buta aksara tertinggi.

Untuk menurunkan jumlah buta aksara menurut Ella, salah satu cara yang ditempuh adalah memberdayakan ibu rumah tangga agar mereka secara sadar bisa mengajari anak-anak mereka di rumah.

"Belajar membaca tidak selalu harus didapatkan di bangku sekolah formal, tetapi bisa juga dilakukan para ibu rumah tangga di rumah masing-masing," katanya.

Sumber: Rusdy Embas





 
Artikel PAUDNI
Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Anak Usia Dini