Detil Berita
Senin, 08 Februari 2010 - 08:46:54 WITA
Bunda PAUD Belajar Origami
Diposting Oleh :: Muhammad Wildan
Kategori: Pendidikan Anak Usia Dini - Dibaca: 5873 kali

Translated to: English Version

WONOKROMO - Seni melipat kertas ala Jepang (origami) menarik perhatian para bunda pengasuh pendidikan anak usia dini (PAUD). Ratusan ibu-ibu terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan origami oleh Yayasan Arek Lintang (Alit) di atrium Craft Center, Royal Plaza, kemarin (6/2).

Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing beranggota sepuluh bunda PAUD. Ada yang duduk bersila, selonjor, bahkan nungging. Semuanya mencari posisi ternyaman demi mengikuti perintah instruktur tentang cara melipat kertas. Sri Rahayu, salah seorang peserta, tampak asyik membuat origami berbentuk bunga.

Perempuan yang tergabung dalam Pos PAUD Terpadu (PPT) Bunda Pertiwi Kelurahan Simomulyo itu menyatakan ingin punya keterampilan untuk ditularkan kepada anak didiknya. "Ya, bantu-bantu sedikitlah," kata wanita 22 tahun tersebut.

Direktur Eksekutif Alit Yuliati Umroh mengatakan, minat para bunda PAUD pada pelatihan origami tersebut di luar dugaan. "Lebih dari 500 orang yang daftar. Kami sampai harus membaginya jadi lima gelombang selama dua hari," tuturnya. Itu pun belum mencakup seluruh bunda PAUD di Surabaya. Sebab, dalam satu RW, terdapat dua bunda PAUD. Sedangkan di Surabaya ada ribuan RW.

Salah seorang bunda PAUD yang harus antre gelombang tambahan pelatihan origami adalah Sri Sumartini. Perempuan berusia 69 tahun itu datang ke lokasi sejak pukul 12 siang demi belajar 12 langkah awal origami. Tapi, karena sudah penuh, nenek satu cucu tersebut harus masuk gelombang berikutnya. "Saya nggak pernah ikut beginian. Makanya kepengin sekali belajar," ujar bunda PAUD dari Kelurahan Peneleh itu. (any/roz)

Sumber: http://www.jawapos.com - 7 Februari 2010
Sumber:





 
Artikel PAUDNI
Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Anak Usia Dini